Pages

Sabtu, 21 April 2012

mengatasi disconet


Pada saat browsing di internet menggunakan Mozilla Firefox, Opera, ataupun Google Crome. Seringkali ditemui ketika membuka halaman Google, Facebook, Gmail, IdBlogNetwork dan halaman yang lainnya, muncul peringatan bertuliskan kurang lebih seperti ini “Sambungan Aman Gagal” atau “s3.amazonaws.com:443 menggunakan sertifikat keamanan yang tidak valid”.  apabila kita membuka halaman yang memerlukan Username & Password untuk loggin seperti Facebook, Gmail, IdBlogNetwork, dan lain-lain muncul peringatan “Sambungan Ini Tidak Terpercaya”  serta tulisan peringatan “Anda telah meminta Firefox untuk tersambung ke www.facebook.com secara aman, tapi tidak dapat dikonfirmasi apakah sambungan anda benar-benar aman” atau “The Server’s security certificate is not yet valid”. sedangkan untuk pengguna Mozilla Firefox versi English contoh peringatannya yang keluar biasanya seperti gambar berikut

 Cara Menghilangkan Permintaan sertifikat dari Valven.
Sebenarnya masalah munculnya peringatan tersebut bukanlah karena ada gangguan jaringan internet atau terjadi kerusakan pada hardware komputer maupun softwarenya. Tetapi masalah munculnya peringatan seperti diatas biasanya dikarenakan pengaturan waktu atau  Time Zone komputer yang tidak sesuai.

Untuk mengatasi masalah agar peringatan permintaan sertifikat tidak muncul lagi pada saat menggunakan browser internet. yang perlu dilakukan hanya mengatur kembali waktu, tanggal dan tahun yang ada di komputer sesuai dengan waktu sekarang. sebagai contoh untuk pengguna windows XP sebagai berikut:

1. Coba lihat icon jam yang ada di taskbar, letaknya paling bawah sebelah kanan. Klik 2 kali di icon jam tersebut nanti akan muncul menu pengaturan “Date and Time Properties”.

2. Sesuaikan Waktu, Tanggal, dan Tahun. Kemudian klik “apply” serta “OK”

3. Restart kembali Browser anda baik Mozilla Firefox, Opere, maupun Google Crome.

4. Selesai.

Bagi yang penasaran ingin membuktikan, apakah benar apabila pengaturan waktu yang ada di komputer tidak sesuai dapat mengakibatkan munculnya peringatan permintaan sertifikat pada saat browsing di internet. Silahkan kalian coba ganti tahun pengaturan waktu yang ada di komputer mejadi tahun 2007, 2006, 2005, atau 1945. Sedangkan untuk bulan dan jam terserah kalian. Kemudian buka kembli internet, sebagai contoh silahkan buka halaman Facebook dan cobalah untuk loggin nanti pasti akan muncul tanda peringatan seperti yang dijelaskan diatas tadi.

0 komentar: